February 27, 2021 By gumi-europe.net 0

Berbagai Faktor Yang Mempengaruhi Disinfektan Kimiawi dan Penggunaannya yang Signifikan

Karena banyak agen kimia tidak mampu menghilangkan semua varietas dan jenis kehidupan mikroba, misalnya tubercle bacillus, spora bakteri dan virus yang dapat disaring, lebih akurat untuk merujuk pada proses sebagai “desinfeksi kimiawi” daripada “sterilisasi kimiawi. ”

Desinfeksi kimiawi hanya digunakan jika tidak memungkinkan untuk mensterilkan artikel dengan panas. Disinfektan kimiawi cenderung mengatur atau memadatkan bahan “berprotein” seperti darah, dan organisme yang terkandung di dalam endapan protein ini. Oleh karena itu, desinfeksi kimiawi tidak boleh digunakan untuk instrumen yang terkontaminasi darah atau cairan jaringan.

Beberapa faktor dapat mempengaruhi tindakan disinfektan. Berikut daftarnya:

1. Kebersihan

Adanya darah, nanah, minyak atau lemak mengganggu kerja semua germisida. Penggunaan sabun dan air yang efektif untuk pembersihan merupakan langkah awal yang diperlukan untuk memastikan efektivitas optimal dari disinfektan.

2. Waktu

Faktor ini bervariasi dari detik ke jam, tergantung pada jenis disinfektan, kekuatan bahan disinfektan, dan karakteristik organisme yang akan dibasmi. Organisme vegetatif dapat dimusnahkan dalam 30 menit oleh beberapa disinfektan kimiawi, sedangkan tidak ada jumlah waktu, jam, atau hari oleh agen yang sama yang akan mengakibatkan aksi sporisida.

3. Konsentrasi

Biasanya larutan lemah tidak seefektif larutan kuat disinfektan yang sama. Pengecualiannya adalah etil alkohol; Larutan berair 70% lebih anti kuman dibandingkan alkohol absolut.

4. Suhu

Biasanya suhu ruangan digunakan. Namun, sebagian besar bahan kimia lebih efektif jika suhu dinaikkan.

5. Jenis Organisme

Beberapa organisme lebih mudah dibunuh daripada yang lain. Contoh bentuk resisten adalah virus hepatitis serum, tubercle bacillus dan spora bakteri tertentu.

Sekarang setelah Anda mengetahui berbagai faktor yang mempengaruhi tindakan disinfektan, juga penting bagi Anda untuk memahami kegunaan utama disinfektan ini.

Instrumen dan Bahan

Bahan kimia yang digunakan untuk mendisinfeksi instrumen dan bahan tertentu yang tidak dapat disterilkan dengan panas sebaiknya menggunakan disinfektan. Contoh benda yang perlu didesinfeksi secara kimiawi adalah bougie, cycstoscope, dan pisau katarak. Barang seperti ini harus direndam dalam bahan pembasmi kuman.

Sebagian besar bahan kimia digunakan dalam bentuk larutan, dilarutkan dalam air atau alkohol. Dari waktu ke waktu, senyawa kimia baru muncul di pasaran dan semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi berhati-hatilah dalam memilih disinfektan kimia yang tepat.

Aplikasi Kulit

Disinfektan digunakan untuk menghilangkan organisme menetap dan sementara dari kulit sebanyak mungkin. Dalam pembedahan, persiapan kulit sebelum pembedahan diperlukan untuk mencegah kontaminasi yang tidak perlu pada luka pembedahan. Tangan dan lengan tim bedah juga harus dipersiapkan dengan scrub dan penggunaan disinfektan yang sesuai.

Aplikasi untuk Jaringan

Antiseptik diterapkan pada jaringan yang sedang atau mungkin merupakan pusat infeksi, untuk membantu jaringan tersebut dalam menghancurkan kuman dan produknya dengan cepat dan sepenuhnya. Ketika digunakan dengan cara ini, antiseptik utama harus menghasilkan sterilisasi lengkap dalam lingkup kerjanya tanpa menyebabkan kerusakan pada sel jaringan. Namun, kelemahan dari kebanyakan antiseptik adalah bahwa dalam membunuh bakteri, mereka cenderung menghancurkan sel-sel jaringan juga.

Untuk alasan ini, bahan kimia ini harus digunakan pada luka dalam larutan lemah dan hanya untuk waktu yang singkat. Banyak antiseptik telah disarankan dan digunakan dalam jaringan, dan banyaknya antiseptik akan menunjukkan bahwa antiseptik yang ideal belum ditemukan.

Diakui secara lebih luas bahwa jaringan tubuh memiliki daya tahan alami terhadap infeksi, dan bahwa antiseptik hanya berguna kadang-kadang dalam pengobatan jenis infeksi tertentu, terutama yang ada di permukaan tubuh.

Jika Anda punya masalah dengan penanganan virus dan bakteri berbahaya di rumah maupun di kantor, Anda dapat menghubungi jasa semprot disinfektan bandung yang profesional dalam menangani masalah ini.