November 6, 2021 By gumi-europe.net 0

iOS 15.1, iPadOS 15.1 Dengan Dukungan SharePlay Dirilis; Pengguna HomePod Dapatkan Audio Spasial, Pemutaran Tanpa Rugi

Apple telah merilis iOS 15.1 untuk semua model iPhone yang kompatibel. Pengguna iPad juga telah menerima iPadOS 15.1 sebagai pembaruan perangkat lunak baru. Pembaruan iOS dan iPadOS membawa dukungan SharePlay yang memungkinkan pengguna untuk berbagi konten dari layanan termasuk Apple TV dan Apple Music secara langsung melalui panggilan FaceTime. Pembaruan iOS 15.1 juga menghadirkan dukungan ProRes ke model iPhone 13 Pro untuk pengalaman merekam video yang lebih baik. Selain itu, Apple telah menghadirkan audio spasial yang diantisipasi dengan dukungan Dolby Atmos ke HomePod dan pemutaran lossless dengan Apple Music ke HomePod dan HomePod mini.

iOS 15.1: Apa yang baru?

Salah satu perubahan terbesar yang dibawa iOS 15.1 ke pengguna iPhone adalah ketersediaan SharePlay. Ini memungkinkan pengguna untuk menonton film dan acara TV bersama-sama secara virtual melalui panggilan FaceTime . Ini juga memungkinkan streaming musik dan album yang tersedia di Apple Music saat berbicara dengan kontak di FaceTime. Selanjutnya, Anda juga dapat menggunakan SharePlay untuk membagikan layar Anda dengan orang-orang yang terhubung dengan Anda melalui panggilan FaceTime. Dilihat dari Liputan Koran Apple merinci semua fitur ini pada keynote-nya di WWDC awal tahun ini. SharePlay, bagaimanapun, tidak termasuk dalam rilis iOS 15 asli .

iOS 15.1 juga memungkinkan Apple Wallet untuk menyimpan salinan sertifikat vaksin COVID-19  yang dapat Anda tunjukkan di toko atau tempat umum termasuk bandara saat dalam perjalanan.

Khusus untuk pengguna iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max , iOS 15.1 menghadirkan pengambilan video ProRes. Apple mengklaim bahwa ProRes adalah codec video canggih yang sampai sekarang digunakan untuk iklan, film layar lebar, dan siaran. Ini memberikan kesetiaan warna yang lebih tinggi bersama dengan kompresi yang lebih sedikit dibandingkan codec video tradisional.

Pembaruan iOS 15.1 juga menyertakan pengaturan yang dapat Anda gunakan untuk mematikan peralihan kamera otomatis saat mengambil foto dan video makro di iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max.

Apple telah memperbarui aplikasi Terjemahan yang tersedia di iOS 15.1 untuk menawarkan dukungan Bahasa Mandarin (Taiwan). Bahasa baru juga tersedia untuk terjemahan seluruh sistem.

iOS 15.1 juga menghadirkan aplikasi Home yang diperbarui, dengan pemicu otomatisasi baru berdasarkan pembacaan terkini dari sensor kelembaban, kualitas udara, atau tingkat cahaya yang mendukung HomeKit. Ada juga tindakan bawaan di aplikasi Pintasan untuk memungkinkan Anda melapisi teks pada gambar atau GIF dan menciptakan pengalaman otomatisasi rumah baru. Selanjutnya, ada koleksi game baru yang dapat Anda akses melalui Siri.

Pembaruan iOS terbaru juga mengatasi beberapa masalah yang diketahui dengan aplikasi Foto, Cuaca, dan Dompet. Ini juga memperbaiki masalah pemutaran audio yang mungkin terhenti saat mengunci layar. Selanjutnya, pengguna iPhone 12 telah menerima algoritma baterai yang diperbarui yang dapat membantu memberikan perkiraan kapasitas baterai yang lebih baik dari waktu ke waktu. Dengan iOS 15.1, Anda juga akan mendapatkan perbaikan untuk masalah yang menyebabkan jaringan Wi-Fi tidak muncul di pengaturan.

Apple belum memberikan detail tentang masalah keamanan yang ditangani melalui iOS 15.1. Anda dapat mengawasi situs web keamanan khusus .

iPadOS 15.1: Apa yang baru?

Sama seperti iOS 15.1, iPadOS 15.1 menghadirkan dukungan terjemahan SharePlay dan Mandarin Chinese (Taiwan). Ini juga membawa aplikasi Kamera yang diperbarui dengan dukungan Teks Langsung untuk mengenali konten seperti teks, nomor telepon, dan alamat dengan langsung menggunakan sensor kamera di iPad. Ini berfungsi dengan model iPad yang memiliki A12 Bionic dan yang lebih baru. Ada juga dukungan Keyboard untuk memungkinkan pengguna menambahkan teks langsung dari Kamera ke bidang teks apa pun. Ini juga tersedia secara khusus untuk model iPad yang memiliki setidaknya A12 Bionic SoC.

IPadOS 15.1 juga menghadirkan aplikasi Home baru dengan pemicu otomatisasi berdasarkan pembacaan terkini dari sensor kelembaban, kualitas udara, atau tingkat cahaya yang mendukung HomeKit. Selanjutnya, ada tindakan yang dimuat sebelumnya di aplikasi Pintasan untuk memungkinkan Anda melapisi teks pada gambar dan GIF. Anda juga akan mendapatkan game baru melalui Siri.

Apple juga menyertakan daftar perbaikan bug dalam iPadOS 15.1. Ini termasuk perbaikan untuk masalah yang menyebabkan aplikasi Foto salah melaporkan penyimpanan penuh saat mengimpor foto dan video. Masalah yang menyebabkan pemutaran audio dari aplikasi yang dijeda saat mengunci layar juga telah diatasi. Selain itu, ketersediaan jaringan Wi-Fi telah diperbaiki.

iOS 15.1, iPadOS 15.1: Bagaimana cara mengunduh?

Anda dapat mengunduh iOS 15.1 di model iPhone atau iPod touch Anda yang memenuhi syarat untuk iOS 15. Demikian pula, iPadOS 15.1 dimaksudkan untuk model iPad yang memenuhi syarat untuk mendapatkan pembaruan ke iPadOS 15. Pembaruan iOS dan iPadOS baru dapat diunduh dengan membuka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak dari perangkat.

Cara mengaktifkan audio spasial dengan dukungan Dolby Atmos dan pemutaran lossless di HomePod

Bersamaan dengan iOS 15.1 dan iPadOS 15.1, Apple telah merilis Perangkat Lunak HomePod Versi 15.1 yang menghadirkan audio spasial dengan dukungan Dolby Atmos ke HomePod dan pemutaran tanpa kehilangan dengan Apple Music di HomePod dan HomePod mini . Pembaruan akan diinstal secara otomatis setelah memperbarui iPhone atau iPad yang terhubung ke versi perangkat lunak terbaru. Setelah tersedia di perangkat Anda, Anda dapat mengaktifkan Dolby Atmos dan pemutaran audio lossless.

Untuk mengaktifkan Dolby Atmos dan pemutaran audio lossless di HomePod Anda, Anda perlu membuka aplikasi Rumah lalu ketuk ikon Rumah dari sudut kiri atas. Pilih Pengaturan Rumah > Orang dan gulir ke bawah sedikit untuk mengetuk nama Anda. Sekarang, pilih Apple Music dari profil Anda lalu gulir ke bawah untuk mengaktifkan dukungan ‘Lossless Audio’ dan ‘Dolby Atmos’.

Pengalaman baru ini terutama terbatas pada Apple Music. Ini berarti Anda harus menggunakan layanan streaming musik Apple untuk mendapatkan pemutaran audio spasial dan lossless di HomePod Anda. Layanan mulai dari Rs. 99 sebulan untuk pengguna individu biasa, meskipun juga tersedia dengan harga bulanan Rs. 49 untuk paket suara-saja yang baru diperkenalkan .

Apple awalnya menguji audio spasial dan pemutaran lossless pada HomePod dan HomePod mini melalui versi beta yang dirilis pada bulan Agustus.

Perangkat Lunak HomePod Versi 15.1 juga mencakup peningkatan kinerja dan stabilitas untuk speaker pintar Apple.